Sabtu, 16 November 2013

Seminar Nasional | Game Is The Easiest Thing To Make

Seminar Nasional yang merupakan Serangkaian kegiatan dalam PARTI (Parade Teknik Informatika) UMS 2013 yang diselenggakan pada hari kamis, 14 November 2013 di Auditorium Mohammad Djazman UMS dengan tema Game Is The Easiest Thing To Make. PARTI ini merupakan kegiatan besar yang baru pertama kali di selenggarakan di Fakultas Komunikasi dan Informatika. Panitia PARTI merupakan kerjasama antara anggota HIMATIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) dan juga FOSTI (Forum Open Source Teknik Informatika). Seminar ini juga di dukung oleh beberapa pihak sponsor (Hasbona, Draculahost, Konimex, dan Indosat) yang sangat membantu saat pra acara dan juga saat acara berlangsung.

Seminar ini dimulai dari jam 08.30 WIB dengan sesi pertama oleh Anggara Dewantoro (Co Founder Qajoo Jogja) dan Firda Dwi Iswantoro ( Guild Leader Agate Jogja). Dimana dalam sesi pertama ini membahas tentang prospek industri game di indonesia serta tips dan trik membuat game yang menarik untuk mengatasi persaingan dunia game yang semakin meningkat. Tidak hanya pemaparan materi tentang game, disini juga ditampilkan beberapa video trailer game yang pernah dibuat oleh para pembicara kali ini.

Sesi kedua diisi oleh pemateri pemegang rekor MURI pembuat game pertama di Indonesia sekaligus Founder Divine Kids, David Setiabudi dengan materi pembuatan game. Di sela-sela materi, juga diberikan beberapa contoh game divine kids yang terdiri dari beberapa macam games. Mulai dari game yang sederhana, game yang hanya memerlukan foto tanpa animasi, hingga game yang entertain dengan berbagai tema.

Dengan peserta sekitar 151 yang berasal dari dalam wilayah Solo maupun luar Solo, acara ini berjalan dengan lancar. Antusias peserta dapat terlihat jelas dengan hidupnya tiap sesi dengan banyak pertanyaan tentang materi yang telah di sampaikan oleh tiap pembicara. Acara ini, juga di hadiri oleh jajaran dekanat FKI dan Kepala Jurusan serta Gubernur BEM FKI sebagai undangan. Menurut ketua panitia, Pungky Ary Wibowo, pelaksanaan acara ini sudah baik, kedepannya dia berharap agar lebih baik dan lebih banyak acara yang menarik dalam PARTI.

Dengan materi yang telah di paparkan oleh pembicara yang mumpuni dalam dunia game ini, peserta mendapatkan banyak manfaat. Salah satu peserta seminar, Albert Septiawan mengaku sangat senang dan mendapatkan banyak manfaat dari acara tersebut. “Menurut saya, acara faceblog tersebut sangat bermanfaat bagi kami para peserta, terutama saya pribadi. Menambah wawasan saya tentang dunia game, dunia entertaiment, dan persaingan entertaiment ataupun persaingan game. Tidak hanya itu, juga diberikan tips dan trik untuk membuat game serta mengatasi persaingan di dunia pembuatan game,” jelasnya.