Jumat, 25 Oktober 2013

Donor Darah | “Save Human Life with Your Blood”

Tanggal 23 Oktober 2013, pada pukul 08.30, HIMATIF menyelenggarakan acara Donor Darah untuk keduakalinya. Kegiatan dengan tema “Save Human Life with Your Blood” ini merupakan agenda HIMATIF yang bekerja sama dengan PMI untuk memfasilitasi peserta mewujudkan kepedulian di bidang sosial.

Kegiatan ini di awali dengan sosialisasi kepada calon pendonor untuk mewujudkan dan melaksanakan pendonoran dalam kegiatan ini. Tidak hanya itu, disini juga disosialisasikan akan pentingnya donor darah kepada calon pendonor. Setelah itu, sebelum pendonor mendonorkan darahnya, calon pendonor harus melewati beberapa tahap yang telah ditentukan oleh PMI. Yang pertama yaitu mengisiborang yang telah disediakan oleh PMI. Borang ini berisikan data pribadi dari calon pendonor dan juga riwayat penyakit calon pendonor. Kemudian dilanjutkan dengan cek kesehatan oleh petugas PMI yang ada. Cek kesehatan ini meliputi berat badan yang harus memenuhi minimal tertentu dan juga cek darah. Apabila kesehatan dan persyaratan calon pendonor memenuhi syarat, maka barulah pendonor diambil darahnya.

HIMATIF yang bekerja sama dengan PMI akan menyalurkan darah dari para pendonor kepada yang membutuhkan sebagai bentuk salah kepedulian HIMATIF terhadap sesama. Dengan diprakarsai oleh sebagian besar pengurus anggota HIMATIF 2013, acara berjalan dengan lancar dengan antusiasme pendonor yang cukup banyak. Terdaftar sebanyak 64 pendonor dari berbagai fakultas yang ada di UMS. Dari FKI sebanyak 36 pendonor, Faklutas Teknik 18 pendonor, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 3 pendonor, FKIP sebanyak 3 pendonor, Fakultas Agama Islam sebanyak 3 pendonor, dan Fakultas Psikologi 1 pendonor.

Dengan adanya acara ini, HIMATIF yang bekerjasama dengan PMI sebagai penyelenggara acara mengharapkan masyarakat atau khususnya pendonor dapat belajar untuk dapat kontes seo kebaikan dan mewujudkan kepeduliannya dan menumbuhkan jiwa berbagi ataupun jiwa sosial kepada sesama.